Jumat, 25 Januari 2013

LAPORAN PERTANGGUNG JAWABAN


LAPORAN PERTANGGUNG JAWABAN
BKM PENAMBANGAN SUBUR MAKMUR
TAHUN 2012


Assalaamu’alaikum Wr. Wb.

Salam sejahtera untuk kita semua
           
 Dengan memuji syukur ke hadirat Allah SWT atas limpahan rahmatNya kepada kita, sehingga pada kesempatan ini kita bisa berkumpul dalam acara Rembug Warga Tahunan (RWT) dengan salah satu agenda adalah Laporan PERTANGGUNG JAWABAN BKM Penambangan Subur Makmur tahun 2012.
            Dalam perjalanan BKM sejak tahun 2007 mulai dari sosialisasi, Pembentukan BKM sebagai pelaksana PNPM-MP hingga pelaksanaan Program di Lapangan dengan satu harapan BKM mampu membawa perubahan masyarakat ke arah yang lebih baik, mandiri, sejahtera dan berkeadilan sebagai wujud implementasi Program Penanggulangan Kemiskinan (PRONANGKIS) yang dicanangkan. Tentu dalam proses perjalanan BKM mengalami dinamikanya tersendiri, karena ini merupakan wahana pembelajaran masyarakat mulai dari belajar berorganisasi, merencanakan hingga melaksanakan program dihadapkan beberapa persoalan dan masalah itu lantaran masyarakat dalam proses pembelajaran, bukan karena tidak mampu, karena pada dasarnya manusia memiliki kemampuan sepanjang ada kemauan utuk belajar dan terus belajar.
            Ada empat kriteria pencapaian BKM dalam pelaksanaannya. Awal, berdaya, Mandiri dan Madani. Al hamdulillah BKM Penambangan mulai menuju mandiri, ini dibuktikan tiga program utama yang disebut Tridaya dapat berjalan dengan baik dan seimbang. Boleh dikatakan BKM Penambangan mulai hidup. Ini sesuai ketika saya mulai masuk di BKM, saya canangkan Life is Change, Hidup adalah melakukan perubahan. BKM harus hidup, BKM harus membawa perubahan. Hal ini kita upayakan dengan asumsi seandainya PNPM-MP setelah berganti pemangku kebijakan/rezim, kemudian ditiadakan atau dihapus, BKM Penambangan masih akan tetap eksis, memiliki aset pembangunan dan satu hal yang tidak kalah pentingnya BKM bukan sekedar sejarah masalalu kemudian dilupakan, tapi BKM mampu mengukir sejarah sepanjang waktu, berperan aktif bersama pemerintah desa membangun Penambangan menjadi masyarakat Madani.
            Untuk lebih jelasnya bahwa BKM Penambangan melangkah menuju mandiri tiga kegiatan, pembangunan prasarana/sarana/lingkungan, Sosial dan Ekonomi bergilir berjalan dengan bail dan seimbang. InsyaAllah ke depan secara bertahap dan tersistem kita kembangkan dengan memanfaatkan potensi yang ada di desa Penambangan. Berikut kami sampaikan laporan tiga kegiatan program BKM Penambangan.
1.      Ekonomi Bergulir ( terlampir)
2.      Sosial dan asetnya ( terlampir)
3.      Prasarana/sarana/lingkungan ( terlampir )

Untuk kinerja BKM ke depan agar menjadi lebih baik, sehingga benar-benar mandiri, berdasarkan hasil review kelembagaan, program dan keuangan / ekonomi bergulir dan tinjauan partisipatif masyarakat berdsarkan surat Edaran  BKM No. ...../BKM/XII/2012 tentang Tinjauan Partisipatif dan Usulan Masyarakat ( dari 19 RT ada beberapa RT. Yang tidak memberikan masukan dan usulan ) ada beberapa kesimpulan yang dapat dijadikan acuan /refrensi agar BKM terus melakukan pembenahan dan perbaikan.
1.      Secara kelembagaan BKM masih seperti pola lama, dimana BKM identik dengan Koordinator. Tugas dan Fungsi PK-BKM belum maksimal dalam arti anggota PK-BKM yang diajukan dan dipilih diharapkan merupakan representasi dari wilayah yang mengusungnya sehingga mampu berkoordinasi dengan masyarakat terkait aspirasi dan usulan masyarakat yang akan dibawa pada tingkat koordinasi PK-BKM untuk merumuskan kebijakan yang akan diambil dengan memperhatikan skala prioritas masih lemah. Anggota PK-BKM ada yang masih sekedar nama dan belum memahami tugas dan fungsinya. Oleh karenanya ke depan setiap anggota PK-BKM harus benar – benar mau menyempatkan untuk berkoordinasi di lingkungannya masing-masing sehingga pemetaan bidang garapan BKM ke depan lebih terarah dan tersistem dengan baik. Salah satu solusi untuk mengatasi hal ini kami mengajukan perampingan anggota PK-BKM agar lebih efektif dalam menyusun kebijakan, program dan teknis administrasi di tubuh BKM.
2.      Untuk pembangunan prasarana/lingkungan kita sudah mampu membuat proposal sendiri. Sudah tidak lagi mengandalkan Faskel, ini dapat mempercepat proses pelaksanaan pengadaan / pembangunan prasarana/lingkungan. Paling tidak di tingkat KSM sudah ada rencana anggaran yang diusulkan. Anggota PK-BKM di wilayahnya telah memverifikasi terkait lokasi, volumenya.
3.      Untuk kegiatan ekonomi bergulir ada peningkatan yang signifikan. Aset UPK BKM sampai dengan Desember 2012 sebesar Rp. 86.496.449,42. Dengan jumlah keuntungan sebesar Rp. 18.964.125,51 dan resiko kredit macet 2,67%. Oleh sebab itu kami mohon Ketua RT, RW, Tokoh Masyarakat ikut mengawasi, memantau bukan hanya Kinerja UPK tetapi juha masyarakat pemanfaat. Dana UPK adalah milik bersama, siapapun bisa mengakses Dana UPK BKM Penambangan dengan memperhatikan mekanisme dan aturan yang telah disepakati. Mari kita berdayakan ekonomi masyarakat dengan kegiatan UPK, kita jaga amanah ini, kita pelihara dan kita kembangkan untuk mengantisipasi pola-pola renten di Penambangan.
4.      Untuk kegiatan Sosial Produktik BKM telah memiliki aset diharapkan ke depan terus dikembangkan. Untuk pengembangan sosial produktif yang berdampak kepada peningkatan kesejahteraan masyarakat, untuk program Sosial Produktis dengan memperhatikan potensi yang ada desa Penambangan ada beberapa budidaya yang layak untuk dikembangkan yaitu Penggemukan Sapi, Biri-biri, ikan gurami, penetasan Bebek dan tidak menutup kemungkinan kegiatan lain yang dipandang layak dan memiliki prospek yang baik. InsyaAllah dengan pola dan manajemen yang baik dengan didukung SDM yang baik pula akan menjadi Modal Sosial yang luar biasa.
Demikian LPJ yang dapat kami sampaikan. Untuk dapat merealisasikan semua program baik lingkungan, sosial, ekonomi tentu peran semua unsur dan elemen masyarakat adalah sesuatu yang wajim karena merupakan bagian dari BKM. Kami mohon Pemerintah Desa untuk memberikan dukungan, bantuan dan terus memberi support agar BKM Penambang Subur Makmur bukan hanya sekedar nama, tapi benar-benar mampu memberikan kontribusi kepada masyarakat khususnya bagi yang kurang mampu agar lebih baik dan sejahtera. Akhirnya dengan meyatukan visi mewujudkan masyarakat yang mandiri, sejahtera yang berkeadilan dan menjunjung nilai kemanusiaan, tak lupa bertawakkal kepada Allah SWT mari kita terus berusaha untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik

Wassalaamu’alaikum Wr. Wb.

Penambangan, 31 Desember 2012.
a.n. PK-BKM Penambangan Subur Makmut

T I K N O  A D I
Koordinator

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar